Demi Membuat Pelajaran Sejarah Lebih Menarik, Pak Hakim Bikin Konten di Youtube

Seiring berjalannya waktu, teknologi terus berkembang dan memberikan dampak terhadap dunia pendidikan agar menjadi lebih baik. Adanya teknologi perlahan mengubah cara guru mengajar dan murid belajar. Perubahan ini membuat guru harus lebih kreatif dalam memberikan materi pelajaran. Pak Hakim, Guru Sejarah SMA Global Mandiri Cibubur, memanfaatkan media digital dalam kegiatan pembelajarannya. Ia membuat video materi pelajaran Sejarah lalu mengunggahnya di platform Youtube. 

Menurut Pak Hakim, media video dan Youtube dirasa cocok untuk penyampaian materi pelajaran Sejarah yang identik dengan cerita. Biasanya durasi video pembelajaran yang dibuat Pak Hakim berkisar 5-10 menit per episode. Ia menggunakan kombinasi antara beragam aplikasi: iMovie, Kinemaster (berbayar), Keynote, dll.  

Pak Hakim tidak mengalami kesulitan yang berarti menggunakan sejumlah aplikasi tersebut sekaligus. Ia merasa aplikasi-aplikasi ini sangat mudah dipelajari. Tim Websis juga merespon dengan cepat ketika Pak Hakim punya pertanyaan. Malah, sekarang Pak Hakim semakin ingin meningkatkan literasi digitalnya. Kini kanal Youtube Pak Hakim sudah diikuti 1400-an subscribers. Video-video pembelajaran mata pelajaran sejarah karya Pak Hakim dapat diakses di kanal Youtube Hakim Story.

Pak Hakim, Guru SMA Global Mandiri Cibubur

Selain belajar otodidak, Pak Hakim merasa pendampingan Tim Websis for Edu menambah wawasan akan teknologi digitalnya (khususnya dalam hal teknis) dan membuatnya semakin semangat. Banyak informasi terkini tentang teknologi yang Pak Hakim dapatkan dari Tim Websis. Berkat informasi dan ilmu-ilmu yang diajarkan oleh Tim Websis, mata pelajaran Sejarah yang diajarkan oleh Pak Hakim menjadi lebih menarik untuk murid-murid. 

“Dampak yang terjadi setelah menggunakan teknologi dalam pembelajaran anak-anak jadi lebih semangat.. Apalagi untuk pelajaran sejarah yang sebelum menggunakan teknologi terasa konvensional. Sejak menggunakan teknologi, anak-anak juga lebih quick response, termasuk saat mengerjakan tugas. Ga harus bolak-balik buku, ga harus pake kertas. Bisa nonton video. Di sisi guru juga enak karena murid-murid bisa memutar ulang video tanpa kita perlu jelaskan lagi materinya,” kata Pak Hakim.

Tertarik membuat materi ajar yang menarik melalui video atau bentuk lainnya? Segera konsultasikan bersama kami!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *