Pada pembelajaran konvensional, biasanya murid akan datang ke sekolah untuk mempelajari suatu materi tertentu, kemudian baru mendapatkan PR sebagai latihan di rumah. Dalam hal ini pemberian PR menjadi cara untuk melihat sejauh mana pemahaman yang didapat murid setelah belajar di sekolah. Namun hal ini berbeda dengan Flipped Learning. Sesuai dengan arti kata “flipped” yaitu terbalik, metode ini membalik proses belajar tersebut menjadi: murid belajar materi sebagai PR di rumah, untuk kemudian baru dibahas lebih dalam ketika di sekolah.
Flipped Learning adalah pendekatan pedagogi yang berusaha membangun lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dan dinamis dalam menerapkan konsep materi yang sedang dipelajari, dengan membalik proses belajar menjadi: membekali murid dengan materi ajar di rumah, untuk kemudian dibahas lebih mendalam di sekolah.
Apa keterampilan-keterampilan yang dilatih dalam unit ini?
- Mampu memahami keuntungan metode pembelajaran flipped learning.
- Mampu meracik skenario KBM flipped learning dengan formula MBDR (Materi, Belajar, Demonstrasi, Rayakan).
Apa kegiatan anda di unit ini?
1 . Membaca mandiri.
2 . Berlatih mandiri / berkelompok.
Apa lagi yang anda dapat baca?
Course ini adalah bagian dari Seri Desain Instruksional. Seri ini memandu Guru untuk mengenali sudah di tingkat apa kematangannya dalam mengajar dengan memanfaatkan teknologi, dan metode pembelajaran yang cukup universal sehingga dipraktikkan di setiap mata pelajaran dan secara konsisten meningkatkan kematangan kompetensi guru. Seri ini mencakup 2 unit courses, yaitu:
1 . Taksonomi SAMR
2 . Flipped Learning (anda di course ini)